Sabtu, 19 Maret 2011

Pertanyaan Bab 3

3.40 Deskripsikan Kriteria yang harus dipenuhi suatu perusahaan sebelum transfer
piutang yang dengan jaminan dapat dibukukan sebagai penjualan, bukannya sebagai pinjaman.

Keberhasilan suatu perusahaan pada umumnya dinilai berhasil dilihat dari kemampuannya dalam memperoleh laba. Dengan laba yang diperoleh, perusahaan akan dapat mengembangkan berbagai kegiatan, meningkatkan jumlah aktiva dan modal serta dapat mengembangkan dan memperluas bidang usahanya.
Untuk mencapai tujuan tersebut, perusahaan mengandalkan kegiatannya dalam bentuk penjualan, semakin besar volume penjualan semakin besar pula laba yang akan diperoleh perusahaan. Perusahaan pada umumnya mempunyai tiga tujuan dalam penjualan yaitu mencapai volume penjualan, mendapatkan laba tertentu, dan menunjukan pertumbuhan perusahaan. Dalam kegiatan ini penjualan akan melibatkan debitur atau disebut juga pembeli serta barang-barang atau jasa yang diberikan dan dibayar oleh debitur tersebut dengan cara tunai atau kredit.
Menurut Soemarso SR, “Penjualan kredit adalah penjualan barang dagang secara tidak tunai yang dicatat sebagai debit pada perkiraan piutang dagang dan kredit pada perkiraan penjualan”.
Seseorang atau suatu badan yang memberikan kredit (kreditur) percaya bahwa penerimaan kredit (debitur) pada masa yang akan datang akan sanggup memenuhi segala yang telah dijanjikan. Apa yang telah dijanjikan itu dapat berbentuk segala sesuatu yang telah dijanjikan itu berbentuk sebagai berikut :
• Barang terhadap uang
• Barang terhadap jasa
• Barang terhadap barang
• Uang terhadap jasa
Jadi dapat dilihat Kriteria yang harus dipenuhi suatu perusahaan sebelum transfer piutang yang dengan jaminan dapat dibukukan sebagai penjualan adalah :
• Perusahaan harus mempunyai batas kredit dalam penjualan barang atau jasa.
• Perusahaan harus percaya terhadap kreditur dalam memenuhi kewajibannya.
• Perusahaan harus mempunyai batas pelunasan piutang kreditur.
• Dalam penjualan barang atau jasa perusahaan harus memiliki kualitas barang/jasa yang baik, dan dalam pelayanannya pun juga yang baik, agar para kreditur percaya, nyaman, puas dan dalam pelunasan kewajibannya pun berlangsung sesuai dengan yang telah ditetapkan.
• Perusahaan harus tau latar belakang perusahaan yang ingin membeli barang dagangan perusahaan.


Nb : Tulisan ini adalah tugas saya, mohon dimaklumi dan dimaafkan jika terdapat kesalahan, karena saya juga belajar. Terimakasih..

Sumber : Analisis Laporan Keuangan, http://www.scribd.com/doc/11320689/Definisi-Penjualan
Pengarang : K.R. SUBRAMANYAM, JOHN J. WILD
Penerbit : Salemba 4
Edisi : 10

Tidak ada komentar:

Posting Komentar