Selasa, 26 Oktober 2010

Apa itu Sistem Informasi ?

Menurut Alter (1992) Sistem informasi adalah kombinasi antar prosedur kerja, informasi, orang, dan teknologi informasi yang diorganisasikan untuk mencapai tujuan dalam sebuah organisasi.

Menurut Bodnar dan Hopwood (1993) Sistem informasi adalah kumpulan perangkat keras dan perangkat lunak yang dirancang untuk mentransformasikan data ke dalam bentuk informasi yang berguna.
Menurut Hall (2001) Sistem Informasi adalah sebuah rangkaian prosedur formal dimana data dikelompokan, diproses menjadi informasi, dan didistribusikan kepada pemakai.

Menurut Wilkinson (1992) sistem informasi adalah kerangka kerja yang menkoordinasikan sumberdaya (manusia, komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi), guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.

Tiga aktifitas yang terjadi pada sistem informasi adalah input, processing, output.

Input merupakan semua data dan perintah yang dimasukkan kedalam sebuah sistem informasi, yang didalamnya terdapat metode-metode dan media, digunakan untuk menangkap data yang dimasukan, data tersebut berupa dokumen-dokumen dasar.
Processing merupakan kegiatan mengolah/pemindahan data, manipulasi dan analisis input menjadi bentuk yang lebih berarti bagi manusia.
Output adalah data yang telah diproses menjadi bentuk yang dapat digunakan atau produk dari sistem informasi yang bekualitas dan dokumentasi yang berguna bagi semua tingkatan manajemen, juga kepada semua pemakai sistem,output merupakan hasil akhir dari kegiatan input ke processing.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar